Intip Perawatan Berkala Kereta LRT Jakarta

Kamis, 4 Juli 2024 Sebagai perusahaan transportasi publik, keamanan dan kenyamanan merupakan prioritas utama bagi PT LRT Jakarta. Dalam operasionalnya, kereta LRT Jakarta atau yang dinamakan light rail vehicle (LRV) menjalani dua jenis perawatan berbeda berdasarkan lingkup pekerjaannya untuk memastikan setiap LRV dalam kondisi yang prima. 

 

Apa saja kedua perawatan yang dilakukan? Yuk, cari tahu! 

 

Perawatan Ringan (Light Maintenance)  

Pekerjaan di light maintenance fokus pada pemeriksaan berkala dan perbaikan dengan skala kecil yang mencakup perawatan terjadwal dan tidak terjadwal, di mana perawatan terjadwal meliputi perawatan periodik setiap 7 hari dan 4 bulan, sementara perawatan tidak terjadwal mencakup emergency maintenance dan perawatan korektif apabila LRV mengalami kerusakan. Dengan menjalankan perawatan ringan, setiap potensi masalah dapat segera terdeteksi dan ditangani sebelum menjadi kerusakan yang lebih serius demi memastikan setiap LRV selalu dalam kondisi terbaik untuk beroperasi.. 

 

Perawatan Berat (Heavy Maintenance) 

Pekerjaan di heavy maintenance dilakukan dengan sangat detail. Dalam perawatan ini, semua bagian dan komponen LRV dibongkar untuk diperiksa secara menyeluruh, serta dilakukan perbaikan perakitan, dan pengujian sehingga kondisinya dapat kembali prima seperti baru. Perawatan terjadwal pada heavy maintenance meliputi semi overhaul setiap 4 tahun dan overhaul setiap 8 tahun. Sementara itu, perawatan tidak terjadwal mencakup emergency repair dan perawatan korektif. 

 

Dengan keahlian dan dedikasi tinggi, Divisi Sarana LRT Jakarta terus berupaya menjaga performa optimal setiap LRV. Baik dalam light maintenance maupun heavy maintenance, terdapat proses quality control yang ketat untuk memastikan kualitas setiap pekerjaan. Komitmen ini menjadi bagian penting dari upaya menjaga keselamatan dan kenyamanan para penumpang serta kelancaran operasional LRT Jakarta sebagai moda transportasi publik yang andal. 

 

*** 

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 

Aris Rizal Arafah | Plt. Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT LRT Jakarta 

aris@lrtjakarta.co.id 

Gedung MCC - Depo LRT Jakarta, Jl. Raya Kelapa Nias, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara – 14250 

 

Tentang LRT Jakarta  

PT LRT Jakarta merupakan anak usaha Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Perseroda) yang bertugas sebagai operator moda transportasi publik Jakarta yang ramah lingkungan, aman dan nyaman 

 

Memiliki visi menjadi solusi mobilitas publik terbaik di Indonesia, PT LRT Jakarta berupaya nyata memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang dengan rute sepanjang 5.8 km dari Velodrome (Rawamangun) hingga Pegangsaan Dua (Kelapa Gading) dengan enam stasiun jalur layang. Memiliki headway atau jarak tunggu kereta selama 10 menit, melayani Pelanggan setia LRT dimulai dari pukul 05.30 – 23.00 WIB.

Artikel Terkait
Teknologi Pencucian LRT Jakarta: Perpaduan Otomatis dan Manual untuk Kebersihan Maksimal
Kamis, 5 September 2024 – Sahabat LRTJ, tahukah kamu? Demi memberikan kenyamanan maksimal, PT LRT ....
Komitmen Terhadap Layanan Prima, PT LRT Jakarta Raih 3 Penghargaan di The Best Contact Center Indonesia 2024
Kamis, 12 September 2024 – PT LRT Jakarta kembali membuktikan komitmennya dalam memberikan pelayan....
LRT Jakarta dan Summarecon Mall Kelapa Gading Jalin Kerja Sama Hak Penamaan Stasiun Boulevard Utara
Rabu, 11 September 2024 – PT LRT Jakarta dan Summarecon Mall Kelapa Gading secara resmi menandatan....
774 View

Situs Resmi PT LRT Jakarta

Anggota Grup JAKPRO
#LRTJ #LRTJakarta

www.lrtjakarta.co.id
www.jakarta-propertindo.com


Newsletter Subscribe